Obyek Wisata Ubud Monkey Forest

Selain Daerah Kuta Yang Cukup Terkenal Di Kalangan Wisatawan, Bali Memiliki Daerah Lain Yang Tak Kalah Populernya Yaitu Ubud, Terutama Terkenal Akan Seni, Alam, Dan Budayanya. Nah Tahukah Anda, Bahwa Di Ubud Ada Objek Wisata Yang Di Beri Nama Ubud Monkey Forest. Dari Namanya Saja Sudah Tahu Bahwa Objek Wisata Ini Adalah Sebuah Hutan Yang Dihuni Para Monyet.

Ubud Monkey ForestObyek Wisata Ubud Monkey ForestUbud Monkey Forest

Sejarah Monkey Forest Ubud

Pendirian Monkey Forest Ubud ini merupakan upaya masyarakat Hindu Bali untuk menjalankan prinsip agama mereka, yakni Tri Hata Karana. Tri Hata Karana ini merupakan tiga prinsip yang harus dijalani untuk bisa memperoleh kebahagiaan. Oleh karena itu, mereka pun ingin menjadikan Hutan Monyet Ubud ini ebagai lokasi untuk bisa menjaga harmonitas manusia dengan lingkungan.
Monkey Forest Ubud ini tak hanya didirikan untuk sarana konservasi para monyet dan pepohonan yang ada di sana. Di sini juga terdapat pura yang disebut dengan nama Candi Pura Dalem Agung Padangtegal atau disebut juga Sacred Monkey Forest Sanctuary. Masyarakat setempat pun kerap melangsungkan upacara khusus di pura yang dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada para hewan, disebut dengan nama Tumpek Kandang dan Tumpek Unduh.

Lokasi Monkey Forest Ubud
Objek wisata monkey forest Ubud Bali, berada di Jalan Monkey Forest, kabupaten Gianyar Bali. Kira-kira memerlukan waktu sekita 1 jam dari daerah kuta dan bandara untuk mencapai lokasi dari Ubud Monkey Forest.
Monkey Foret Ubud ini tepatnya terletak di Desa Padangtegal. Masyarakat di desa tersebut pun benar-benar menjaga kelestarian hidup monyet yang ada di Hutan Monyet. Terlebih monyet-monyet di sini merupakan simbol spiritual, serta punya peran ekonomi dan edukasi bagi masyarakat setempat.

Harga Tiket masuk Monkey Forest Ubud Terbaru 2018
Seperti halnya tempat wisata di Bali lainnya, para traveler yang ingin berkunjung ke Monkey Forest Ubud diharuskan membeli tiket masuk
Harga Tiket Masuk objek wisata monkey forest Ubud Terbaru 2018:

  • Dewasa – Rp 50.000 per orang.
  • Anak (3 – 12 tahun) – Rp 40.000 / anak.
  • Untuk parkir mobil gratis untuk pengunjung Sacred Monkey Forest Sanctuary.

Jam buka tempat wisata monkey forest di Ubud, dari jam 08:30 – 18:00 waktu Bali.

Berikut ada beberapa tips untuk Anda yang sudah memiliki rencana untuk mengunjungi Ubud Monkey Forest.

  • Simpanlah barang berharga Anda di dalam tas. Jika ingin untuk foto-foto, pastikan kamera Anda dipegang dengan erat.
  • Berjalanlah di jalan yang sudah disediakan, jangan berjalan di luar areal terebut. Nanti para monyet malah agresif terhadap Anda.
  • Jangan melakukan hal yang tidak-tidak terhadap monyet disini, misalnya seperti memukul dan menyakitinya.
  • Jika memang bisa, lebih baik Anda mengunjungi Ubud Monkey Forest sekitar jam 2 sore dikarenakan para monyet disini sudah kenyang maka mereka tidak akan terlalu agresif dan nakal.

Nah itulah sedikit ulasan kami tentang Ubud Monkey Forest, semoga bisa menambah wawasan Anda tentang objek wisata di Bali khususnya di Ubud untuk kali ini. Terimakasih

Tolong di Bagikan / Share yaa!

Comments are closed.