Lokasi Air Terjun Tegenungan Waterfall Ubud Gianyar

Objek wisata air terjun Tegenungan Waterfall ubud Gianyar juga memiliki nama lain yaitu air terjun Blangsinga waterfall. Alamat atau Lokasi dari Obyek wisata Air terjun Tegenungan, berada di Desa Kemenuh yang merupakan wilayah Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Untuk melihat lokasi pasti dan mengetahui jalan menuju air terjun Tegenungan Gianyar, mohon di lihat pada peta di bawah ini!

Objek wisata Air terjun Tegenungan , merupakan salah satu air terjun menarik di Pulau Dewata, ber lokasi di Desa Kemenuh, Gianyar, Bali. Berjarak 30 km dari kota Denpasar, wisatawan akan dimanjakan dengan panorama yang indah. Lokasinya sangat terjangkau dari kawasan pariwisata Kuta, Sanur maupun Nusa Dua, dan dari Denpasar hanya butuh 40 menit berkendara, berbeda halnya air terjun Gitgit Kabupaten Buleleng, dari Denpasar berjarak sekitar 70 km setelah Bedugul butuh sekitar 2 jam perjalanan.

Objek wisata Air terjun Tegenungan ini salah satu tempat populer untuk objek wisata air terjun di Bali yang lokasinya paling dekat dengan bandara, tinggi sekitar 30 meter, debit airnya cukup besar dan jernih mengalir di sungai, dialirkan lagi ke subak-subak petani sebagai sumber irigasi persawahan ke sekitarnya, travel agent juga mengikutkan program tour untuk berkunjung ke lokasi ini menuju tempat searah yang dikunjungi seperti jurusan Kintamani, Ubud dan Goa Lawah.

Berkunjung ke air terjun Tegenungan akan memberikan sensasi berbeda dari pada anda berkunjung ke objek wisata alam lainnya, suasana alam asri dengan gemuruh suara air terjun dan uap beterbangan tentu akan menambah momen-momen indah saat liburan.Ketika anda sampai di lokasi parkir kendaraan, anda akan melihat banyak toko-toko kecil yang menjual sovenir untuk oleh-oleh. Dari area tempat parkir kendaraan, untuk mencapai lokasi air terjun, anda harus berjalan kaki dengan menuruni anak tangga. Dari anak tangga, anda sudah dapat melihat pemandangan air terjun yang di apit oleh pepohonan rindang.

Air terjun Tegenungan, memiliki tinggi kira-kira 50 meter, tapi memiliki debit air yang lumayan banyak. Debit air terjun akan sangat besar pada saat musim hujan, yaitu kisaran bulan Desember sampai Februari. Di dasar air terjun anda akan dapat menemukan area kecil seperti kolam. Air di dalam kolam sangat jernih dan cocok buat anda yang sekedar ingin bermain air atau mandi. Namun saat musim hujan, disarankan anda tidak mencoba mandi, karena debit air sangat besar. Selain dapat melihat pemandangan air terjun, di lokasi air terjun ini, anda juga dapat melihat pura dan pancoran air yang berasal dari mata air alami.

Objek wisata air terjun Tegenungan berada di dasar Lembah, sehingga jika anda menuju ke lokasi, maka anda perlu menuruni puluhan tangga dan sekitar seratus meter jalan setapak menuju lokasi air terjun. Sebelum menuruni tangga, dari atas tebing lembah sungai terdapat sejumlah restaurant dan sejumlah gazebo, tempat menyaksikan keindahan pesona air terjun dari kejauhan. Dan jika ingin lebih dekat anda harus berjalan kaki beberapa menit.

Menapaki anak tangga sambil menikmati keindahan lembah dan keasrian alam sekitarnya tidak akan terasa melelahkan, sampai di pinggir sungai, terdapat pemandian untuk laki-laki dan perempuan dengan beberapa buah pancuran dengan airnya yang jernih mengalir dari sebuah pura. Sesampai di bawah air terjun anda akan terkesima melihat keindahan air terjun Tegenungan dengan tebing-tebing indah yang mengitarinya. Anda bisa mandi dengan leluasa dan bebas disini, serta berphoto ria mengabadikan kunjungan anda

Keadaan alam sekitar objek wisata di Bali ini masih tampak asri, pernah berdiri sebuah atraksi menantang Bungge Jumping di tepian sungai, tempat permainan pemacu adrenalin tersebut diperuntukkan bagi wisatawan yang senang sensasi terjun dari ketinggian, tingginya kurang lebih 50 meter, namun atraksi wisata tersebut saat ini sudah tidak beroperasi lagi tinggal sekarang panorama air terjun menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan nusantara dan mancanegara.

Tampak alam disekelilingnya dibiarkan begitu saja, sehingga terjaga kealamiannya, pohon-pohon tropis serta rerimbunan semak-semak menjalar, menghias tebing-tening batu sekitarnya. Segarnya air, hembusan uap diterbangkan angin laksana embun pagi memberikan kesejukan tubuh serta pada suasana hati, sehingga terasa begitu damai, penuh ketenangan, membuat tubuh dan pikiran fresh kembali, suguhan alam indah ini melengkapi pengalamn tour anda bersama keluarga atau pasangan tercinta.

Tolong di Bagikan / Share yaa!

Comments are closed.